Gereja HKBP sedang berupaya menuntaskan masalah Program Pensiun HKBP. Hal itu bermula dari Surat Peringatan dari Otoritas Jasa Keuangan, selaku pengawas penyelenggaraan program pensiun di Indonesia. OJK meminta Gereja HKBP segera melunasi hutangnya kepada lembaga Dana Pensiun HKBP demi menjamin keberlangsungan Program Pensiun HKBP. Mari dukung penuntasan masalah tersebut dengan menyalurkan sumbangan agar HKBP dapat menggunakannya untuk melunasi masalah hutang kepada Dana Pensiun HKBP. Untuk informasi awal memahami masalah dana pensiun HKBP dapat mengakses halaman FAQ situs ini.
Dana Pensiun HKBP
FAQ Penyelenggaraan Program Pensiun Melalui DPLK AIA Financial

FAQ Penyelenggaraan Program Pensiun Melalui DPLK AIA Financial

PENDAHULUAN

Setelah melalui proses pembahasan yang mendalam, Ephorus selaku Pimpinan HKBP Pusat periode 2020-2024, telah memutuskan untuk mengubah jenis program pensiun yang selama ini diselenggarakan dan dikelola oleh Dana Pensiun HKBP, yaitu dari jenis manfaat pasti ke iuran pasti, dan mengalihkan penyelenggaraan dan pengelolaannya ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), terhitung mulai 1 Januari 2022.

Keputusan ini sejalan dengan Keputusan Sinode Godang HKBP tahun 2018 tentang Program Pensiun HKBP, Keputusan Rapat Majelis Pekerja Sinode pada 15 Juni 2021, dan Keputusan Rapat Pimpinan HKBP dan Tim Persiapan Konversi Program Pensiun HKBP pada 14 Desember 2021.

Perubahan jenis program pensiun dari manfaat pasti ke iuran pasti dan pengalihannya ke DPLK dipandang sebagai solusi terbaik bagi HKBP untuk memastikan keberlangsungan penyelenggaraan program pensiun di lingkungan HKBP.

Sebagaimana yang kita maklumi bersama, bahwa pendanaan program pensiun jenis manfaat pasti sifatnya sangat fluktuatif. Untuk mempertahankan posisi pendanaan yang ideal dan stabil, pembayaran iuran harus dilakukan secara konsisten, teratur dan tepat waktu, agar tersedia dana yang cukup untuk menjamin terpenuhinya pembayaran manfaat pensiun kepada peserta.

Dalam perjalanannya, konsistensi dan keteraturan pendanaan ini sulit terpenuhi, karena kesulitan dan minimnya ketersediaan dana. Sebagai konsekuensi, utang HKBP kepada Dana Pensiun HKBP dari tahun ke tahun terus meningkat yang tidak dapat teratasi.

Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas industri dana pensiun di Indonesia, yang kemudian meminta Pimpinan HKBP selaku Pendiri Dana Pensiun HKBP agar mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengatasi utang-utang dimaksud.

HKBP telah merespon secara positif kondisi tersebut dengan memutuskan untuk mengubah jenis program pensiun dan mengalihkan pengelolaannya ke DPLK, serta berinisiatif dan berupaya dengan berbagai cara agar utang-utang dimaksud dapat dilunasi, melalui penagihan tunggakan gereja, gerakan pengumpulan dana masing-masing gereja, donasi spontan dari berbagai sumber melalui berbagai kegiatan, donasi pemerhati dari dalam dan luar negeri, serta ‘Gerakan Seribu Rupiah‘ per hari.

Untuk menindaklanjuti keputusan tersebut, pada pertengahan bulan Desember 2021, Pimpinan HKBP telah mengajukan permohonan pembubaran Dana Pensiun HKBP kepada OJK, efektif per 31 Desember 2021. Permohonan pembubaran tersebut telah disetujui oleh OJK berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-15/D.05/2022 tentang Pembubaran Dana Pensiun HKBP tanggal 8 Maret 2022.

Mengapa Dana Pensiun HKBP dibubarkan? Karena penyelenggaraan program pensiun HKBP ke depan dialihkan ke DPLK. Sehingga sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, maka Dana Pensiun tidak ada lagi dan harus dibubarkan.

Biro Urusan Dana Pensiun HKBP telah mendaftar pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan (frequently asked questions) ini untuk memberikan penjelasan secara rinci kepada Anda tentang segala sesuatu terkait penyelenggaraan program pensiun melalui DPLK AIA Financial dimaksud.

Apabila terdapat satu atau lebih pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan tetapi belum dimuat dalam dokumen ini, silakan Anda menanyakannya kepada Biro Urusan Dana Pensiun HKBP.

BAGIAN 1: PENSIUNAN

Penyelesaian hak atas manfaat pensiun Pensiunan

  1. Siapa yang dimaksud dengan Pensiunan?

Yang dimaksud dengan Pensiunan adalah Anda yang saat ini menerima manfaat pensiun bulanan dari Dana Pensiun HKBP, yaitu Pensiunan Peserta, Pensiunan Duda, Pensiunan Janda, dan Pensiunan Anak.

  • Dengan dibubarkannya Dana Pensiun HKBP, bagaimana status kepesertaan saya sebagai Pensiunan?

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, pembayaran manfaat pensiun kepada Anda sebagai Pensiunan tidak lagi dilakukan oleh Dana Pensiun HKBP, tetapi harus dialihkan ke perusahaan asuransi jiwa pilihan Anda sendiri dengan membeli anuitas seumur hidup, yang selanjutnya akan bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran manfaat pensiun bulanan Anda.

  • Sebagai Pensiunan, apakah saya tetap dapat menerima manfaat pensiun bulanan saya dari Dana Pensiun HKBP atau DPLK yang ditunjuk oleh HKBP?

Selama proses pembubaran masih berlangsung, Dana Pensiun HKBP tetap akan membayar manfaat pensiun bulanan Anda.

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, DPLK tidak diperkenankan menerima dan melakukan pembayaran bulanan kepada Pensiunan yang berasal dari dana pensiun yang dibubarkan.

  • Apakah betul bahwa hak atas manfaat pensiun saya sebagai Pensiunan akan dibayarkan secara sekaligus?

Betul. Dengan memperhatikan bahwa tidak ada perusahaan asuransi jiwa yang menjual produk anuitas seumur hidup sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka hak atas manfaat pensiun Anda akan dibayarkan secara sekaligus.

  • Berapa yang akan saya terima secara sekaligus?

Jumlah yang akan Anda terima secara sekaligus dihitung secara aktuaria sebesar nilai sekarang dari rangkaian manfaat pensiun bulanan Anda ditambah kelebihan kekayaan Dana Pensiun HKBP per 31 Desember 2021 dikurangi dengan manfaat pensiun bulanan yang telah Anda terima sejak Januari 2022 beserta hasil pengembangannya.

  • Apakah saya dapat menerima informasi nilai sekaligus yang akan dibayarkan kepada saya dan kapan pembayarannya dilakukan?

Nilai sekaligus akan diinformasikan kepada Anda setelah laporan keuangan Dana Pensiun HKBP selesai diaudit dan laporan aktuaris selesai dilakukan, yang diperkirakan pada awal Mei 2022. Pembayarannya diperkirakan akan dilaksanakan mulai bulan Juni 2022.

BAGIAN 1: PEGAWAI AKTIF

Program pensiun HKBP ke depan dan pengelolaannya

  • Apa jenis program pensiun ke depan yang diselenggarakan oleh HKBP?

Jenis program pensiun yang diselenggarakan oleh HKBP adalah Program Pensiun Iuran Pasti.

  • Bagaimana cara kerja program pensiun jenis iuran pasti ini?

Program pensiun jenis iuran pasti adalah program pensiun yang iurannya ditetapkan di muka dan besar manfaat pensiun merupakan akumulasi dari iuran-iuran dimaksud beserta hasil pengembangannya setelah dikurangi biaya-biaya. Besar manfaat pensiun yang akan diperoleh pada saat pensiun nanti tidak dapat diketahui secara pasti, karena sangat bergantung pada kenaikan Gaji Pokok dan hasil investasi aktual dari tahun ke tahun.

  • Siapa yang akan mengelola program pensiun HKBP?

Program pensiun HKBP akan dikelola oleh DPLK AIA Financial (DPLK AIA), yang akan memberikan layanan administrasi, pengelolaan dana, komunikasi, dan edukasi.

  1. Mengapa HKBP memilih DPLK AIA?

Untuk menjamin transparansi, menyeluruh dan komprehensif, proses seleksi ini dilakukan dengan suatu tim internal HKBP yang khusus dibentuk untuk itu, yaitu Tim Persiapan Konversi Program Pensiun HKBP.

Proses seleksi mulai dilakukan pada pertangahan Juli 2021 dan selesai pada akhir Agustus 2021. Tim internal HKBP mengundang 5 DPLK, yaitu DPLK BNI, DPLK BRI, DPLK AIA Financial, DPLK Allianz Indonesia, dan DPLK Manulife Indonesia, untuk mengikuti proses seleksi. Dari 5 calon dimaksud, DPLK AIA mengungguli calon lainnya dalam aspek pengalaman, kinerja, sarana layanan, teknologi informasi, fasilitas pembayaran berkala, dan kompensasi jasa.

  1. Apakah penyelenggaraan program pensiun HKBP ini aman bersama DPLK AIA?

Penyelenggaraan program pensiun HKBP ini aman bersama DPLK AIA. Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, DPLK, dalam hal ini DPLK AIA, merupakan badan hukum yang terpisah dari pendirinya, PT AIA Financial. Sebagai badan hukum yang terpisah, berarti seluruh kekayaan kelolaan DPLK AIA juga terpisah dari kekayaan pendirinya, termasuk dikecualikan dari sitaan oleh kreditor pendirinya, bahkan dalam hal pendirinya mengalami kebangkrutan.

Komite pensiun internal

  1. Perlindungan atau pengamanan apa lagi yang ada untuk memastikan manfaat pensiun saya tetap aman bersama DPLK AIA?

Ketentuan perundang-undangan yang berlaku di bidang dana pensiun tentunya. Selain itu, Pimpinan HKBP telah membentuk secara internal Komite Pensiun yang bertugas untuk menetapkan kebijakan dan arahan investasi atas kekayaan program pensiun ini secara berkala, sekaligus memantau perkembangan dan kinerjanya agar memberikan hasil yang optimal dan aman.

  1. Siapa saja yang duduk dalam keanggotaan Komite Pensiun?

Anggota Komite Pensiun terdiri dari perwakilan HKBP dan peserta, yang bertugas mengawasi kegiatan administrasi, komunikasi, pelaporan keuangan, dan investasi dari pengelolaan kekayaan program pensiun oleh DPLK AIA, termasuk imbalan lainnya yang diberikan oleh HKBP.

  1. Apa kebijakan dan strategi investasi Komite Pensiun?

Secara umum, kebijakan dan strategi investasi atas kekayaan HKBP di DPLK AIA bersifat konservatif, dilakukan dengan penuh kehati-hatian, berwawasan jangka panjang, dinamis menyesuaikan dengan peluang, iklim investasi dan perkembangan ekonomi, serta sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Pimpinan HKBP.

Komite Pensiun menetapkan kebijakan bahwa pilihan investasi atas iuran HKBP dan Saldo Awal, dilarang ditempatkan pada saham.

Kepesertaan di DPLK AIA

  1. Apakah saya harus bergabung menjadi peserta DPLK AIA?

Sebagai Pegawai Tahbisan (Pendeta, Guru Jemaat, Bibelvrouw, Diakones) dan Pegawai Bukan Tahbisan yang melayani di HKBP, sepanjang Anda memenuhi persyaratan dan berusia kurang dari 65 tahun (Pegawai Tahbisan) dan 58 tahun (Pegawai Bukan Tahbisan), Anda wajib menjadi peserta DPLK AIA.

Apabila Anda bergabung dengan HKBP setelah 1 Januari 2022, kepesertaan Anda di DPLK AIA berlaku efektif satu bulan sejak pendaftaran Anda disetujui Pimpinan HKBP q.q. Sekretaris Jenderal HKBP.

Apabila Anda adalah peserta Dana Pensiun HKBP pada 31 Desember 2021, maka Anda secara otomatis menjadi peserta DPLK AIA efektif pada 1 Januari 2022.

  1. Apakah saya dapat tetap menjadi peserta Dana Pensiun HKBP?

Tidak. Dengan dialihkannya penyelenggaraan program pensiun ke DPLK AIA, maka Dana Pensiun HKBP akan menjalani proses pembubaran dengan tunduk pada ketentuan OJK yang berlaku.

Peserta program pensiun di DPLK BRI

  1. Saat ini saya adalah peserta program pensiun di DPLK BRI, apakah saya dapat tetap menjadi peserta DPLK BRI?

Tidak. Sesuai keputusan yang ditetapkan oleh Pimpinan HKBP, kepesertaan Anda di DPLK BRI akan dialihkan ke DPLK AIA.

Saldo awal

  1. Bagaimana dengan hak atas manfaat pensiun saya pada saat perubahan?

Hak atas manfaat pensiun Anda dalam Dana Pensiun HKBP sampai dengan saat perubahan (31 Desember 2021) akan menjadi Saldo Awal Anda di DPLK AIA.

  1. Bagaimana Saldo Awal ini ditetapkan?

Saldo Awal Anda dihitung secara aktuaria dengan menggunakan rumus manfaat pensiun yang berlaku pada Dana Pensiun HKBP berdasarkan masa kerja dan penghasilan dasar pensiun Anda sampai dan pada 31 Desember 2021, ditambah kelebihan kekayaan Dana Pensiun HKBP terhadap Liabilitas Solvabilitas (bila ada).

  • Apakah saya akan diinformasikan tentang jumlah Saldo Awal saya?

Saldo Awal akan diinformasikan kepada semua peserta setelah laporan keuangan Dana Pensiun HKBP selesai diaudit dan laporan aktuaris selesai dilakukan.

  • Bagaimana dan kapan Saldo Awal saya akan dialihkan ke DPLK AIA?

Saldo Awal baru dapat dialihkan ke DPLK AIA setelah rencana kerja dan tata cara penyelesaian likuidasi memperoleh persetujuan OJK dan seluruh kekayaan Dana Pensiun HKBP sudah siap untuk dialihkan.

  • Apakah saya dapat memilih agar Saldo Awal saya dibayarkan kepada saya lebih awal, atau dialihkan ke dana pensiun lain pilihan saya sendiri?

Selama Anda masih melayani di HKBP, Saldo Awal Anda tidak dapat dibayarkan kepada Anda atau dialihkan ke dana pensiun lain, tetapi harus dialihkan ke DPLK AIA.

Mendaftar menjadi peserta DPLK AIA

  • Bagaimana cara saya menjadi peserta DPLK AIA?

Anda harus mendaftar dengan mengisi Formulir Aplikasi Kepesertaan yang disediakan oleh DPLK AIA yang dapat Anda peroleh melalui Biro Urusan Dana Pensiun HKBP, dengan melampirkan fotokopi dokumen-dokumen pendukung, antara lain KTP/Paspor, Kartu Keluarga dan NPWP.

Setelah Anda selesai mengisi secara lengkap dan menandatangani Formulir Pendaftaran Peserta, maka Anda langsung mengembalikannya kepada Biro Urusan Dana Pensiun HKBP untuk ditindaklanjuti.

Proses pendaftaran ini akan berlangsung selama bulan Juli 2022. Biro Urusan Dana Pensiun HKBP memohon kesediaan dan kerjasama Anda agar proses ini dapat rampung tepat waktu.

Setelah Anda terdaftar di DPLK AIA, Anda akan diberikan Kartu Peserta dalam bentuk elektronik (e-card). Kartu Peserta ini adalah tanda bukti kepesertaan Anda, yang digunakan untuk pembayaran manfaat dan harap disimpan dengan baik.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam pengisian Formulir Pendaftaran Peserta, Biro Urusan Dana Pensiun HKBP dengan senang akan membantu Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses situs dan layanan smartphone DPLK AIA setiap saat, https://www.aia-financial.co.id/secure/dplk, untuk melihat saldo setiap saat, melakukan klaim manfaat pensiun, dan melakukan perubahan arahan investasi sesuai profil risiko peserta atas iuran yang berasal dari peserta saja (bila diinginkan), serta fasilitas lainnya.

Panduan tertulis cara akses dan penggunaan website tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Anda melalui email maupun secara lisan melalui kegiatan sosialisasi lainnya yang akan diselenggarakan.

Iuran program pensiun di DPLK AIA

  • Berapa iuran program pensiun yang akan dibayarkan ke DPLK AIA oleh HKBP?

Iuran program pensiun yang dibayarkan oleh HKBP adalah sebesar 30,74% dari Gaji Pokok Anda setiap bulan. Oleh karena itu, nilai nominal iuran masing-masing orang berbeda mengingat bahwa Gaji Pokok ditentukan berdasarkan Golongan dan Masa Kerja masing-masing orang. Pastikan bahwa acuan rujukan Gaji Pokok yang Anda gunakan untuk menghitung iuran merupakan Gaji Pokok untuk tahun berjalan. Panduan lebih lanjut tentang cara menghitung Gaji Pokok akan disajikan dalam keterangan tertulis lain yang akan Anda terima lewat email Biro Urusan Dana Pensiun HKBP.

  • Apakah saya dapat membayar iuran ke DPLK AIA?

Untuk meningkatkan Saldo Dana Anda di DPLK AIA, Anda diperkenankan untuk membayar iuran sendiri secara sukarela, melalui pemotongan langsung dari Gaji Pokok bulanan Anda, dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada HKBP pada setiap akhir November untuk diterapkan pada Januari tahun berikutnya yang akan terus berlaku sampai ada pemberitahuan dari Anda untuk menambah atau menguranginya.

  • Kapan iuran program pensiun dibayarkan ke DPLK AIA?

Iuran HKBP dan iuran Anda dibayarkan kepada DPLK AIA setiap bulan bersamaan dengan pembayaran Gaji Pokok bulanan Anda, yang senantiasa dapat Anda pantau melalui aplikasi DPLK e-@ccess.

Investasi atas kekayaan di DPLK AIA

  • Apa saja sumber kekayaan program pensiun HKBP di DPLK AIA?

Kekayaan program pensiun HKBP di DPLK AIA terdiri dari Saldo Awal, iuran HKBP, dan iuran Anda sendiri, ditambah hasil pengembangannya, setelah dikurangi biaya-biaya, yang akan membentuk Saldo Dana sebagai manfaat pensiun.

Kekayaan program pensiun HKBP di DPLK AIA akan diinvestasikan oleh DPLK AIA berdasarkan kebijakan dan arahan investasi yang ditetapkan dari waktu ke waktu oleh Komite Pensiun.

  • Apa komposisi investasi yang telah ditetapkan oleh Komite Pensiun?

Dengan menperhatikan ketetapan Pimpinan HKBP, Komite Pensiun menetapkan kebijakan investasi hanya ditempatkan dalam pasar uang dan pendapatan tetap, yang untuk pertama kali komposisinya adalah sebagai berikut:

Instrumen InvestasiKomposisi Investasi
Pasar Uang50.0%
Pendapatan Tetap50.0%

Yang dimaksud dengan instrumen pasar uang adalah tabungan dan/atau deposito on call dan/atau deposito pada bank dan/atau deposito atau obligasi dan/atau medium term notes yang jatuh temponya kurang dari setahun.

Yang dimaksud dengan instrumen pendapatan tetap adalah surat berharga negara dan obligasi korporasi dan/atau reksadana pendapatan tetap dan/atau medium term notes yang terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia.

  • Apakah saya berhak menetapkan dan mengubah komposisi investasi selain yang telah ditetapkan oleh Komite Pensiun?

Anda berhak memilih salah satu paket investasi yang telah ditetapkan oleh Komite Pensiun sebagai komposisi investasi atas iuran Anda sendiri sesuai profil risiko Anda. Pilihan paket investasi ini dilakukan melalui pengisian Formulir Aplikasi Kepesertaan yang disediakan oleh DPLK AIA.

Sedangkan untuk iuran HKBP dan Saldo Awal, mengikuti ketetapan Komite Pensiun.

Apabila Anda memilih untuk tidak menetapkan komposisi investasi atas iuran Anda sendiri, maka iuran Anda akan diinvestasikan sesuai komposisi investasi yang ditetapkan oleh Komite Pensiun.

Pilihan paket investasi ini dilakukan melalui pengisian Formulir Aplikasi Kepesertaan yang disediakan oleh DPLK AIA. Apabila di kemudian hari Anda bermaksud mengubah paket investasi yang Anda pilih, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi DPLK e-@ccess.

  • Dalam hal terdapat peningkatan atau penurunan hasil investasi, apakah saya juga memperoleh peningkatan dan penurunan dimaksud?

Hasil investasi tidak dijamin, karena mengikuti kondisi pasar (bisa naik atau bisa juga turun) sesuai dengan komposisi investasi yang dipilih. Seluruh kekayaan program pensiun HKBP di DPLK AIA akan memperoleh hasil dari peningkatan dan penurunan investasi yang akan dikreditkan langsung ke dalam rekening Saldo Dana Anda.

  • Bagaimana pencatatan Saldo Dana di DPLK AIA?

Saldo Dana di DPLK AIA akan dicatat secara terpisah antara Saldo Awal, iuran HKBP, dan iuran Anda sendiri, yang dilakukan berdasarkan harga pasar (marked to market) dengan sistem unitized.

Usia pensiun

  • Berapa usia pensiun yang ditetapkan oleh HKBP?

HKBP menetapkan usia pensiun normal bagi Pegawai Tahbisan (Pendeta, Guru Jemaat, Bibelvrouw, Diakones) adalah 65 tahun dan bagi Pegawai Bukan Tahbisan adalah 58 tahun.

Sedangkan usia pensiun dipercepat adalah sekurang-kurangnya 10 tahun sebelum usia pensiun normal, yaitu mulai pada usia 55 tahun (Pegawai Tahbisan) dan 48 tahun (Pegawai Bukan Tahbisan).

Manfaat Pensiun

  • Manfaat apa saja yang diperoleh sebagai manfaat pensiun melalui DPLK AIA?

Manfaat yang diperoleh dari DPLK AIA pada saat Anda mencapai usia pensiun normal, usia pensiun dipercepat, meninggal dunia, mengundurkan diri, dan mengalami cacat, adalah sebesar Saldo Dana Anda di DPLK AIA pada saat itu.

  • Apa manfaat yang diperoleh dari DPLK AIA ketika saya mencapai usia pensiun normal?

Ketika Anda mencapai usia pensiun normal, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, Anda diperkenankan untuk menerima pembayaran pertama secara sekaligus sebesar maksimum 20% dari Saldo Dana Anda dan sisanya sebesar 80% harus dibayarkan secara bulanan (“Ketentuan 20%/80%”).

Apabila Saldo Dana Anda pada saat mencapai usia pensiun normal jumlahnya kurang atau sama dengan jumlah yang ditetapkan dari waktu ke waktu oleh OJK, saat ini sebesar Rp625,000,000, seluruh Saldo Dana Anda dapat dibayarkan secara sekaligus.

HKBP dan DPLK AIA akan memberitahukan setidaknya 3 bulan sebelum Anda mencapai usia pensiun normal, kapan Anda pensiun dan juga perkiraan Saldo Dana Anda di DPLK AIA.

  • Bagaimana pembayaran secara bulanan dilakukan?

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, pembayaran secara bulanan dilakukan dengan membeli produk anuitas seumur hidup dari perusahaan asuransi jiwa yang Anda pilih. DPLK AIA akan memberikan bantuan dan pendampingan kepada Anda dalam memilih perusahaan asuransi jiwa dan produk anuitas. Anda juga berhak memilih pembayaran bulanan dimaksud dilakukan oleh DPLK AIA.

Contoh-contoh:

  1. pada saat mencapai usia pensiun normal, Saldo Dana Anda sebesar Rp700,000,000. Anda dapat menerima Rp140,000,000 (20% x Rp740,000,000) secara sekaligus. Sisanya sebesar Rp560,000,000 harus dibayarkan secara bulanan;
  • pada saat mencapai usia pensiun normal, Saldo Dana Anda sebesar Rp600,000,000. Oleh karena nilainya kurang dari Rp625,000,000, maka seluruh Saldo Dana Anda sebesar Rp600,000,000 dapat dibayarkan secara sekaligus.
  • Manfaat apa yang diperoleh dari DPLK AIA ketika saya memilih untuk pensiun dipercepat?

Manfaat pensiun dipercepat adalah sebesar Saldo Dana Anda pada saat Anda mencapai usia pensiun dipercepat. Tata cara pembayaran Saldo Dana Anda mengikuti Ketentuan 20%/80%.

  • Manfaat apa yang diperoleh dari DPLK AIA dalam hal meninggal dunia?

Manfaat pensiun pada saat meninggal dunia adalah sebesar Saldo Dana pada saat meninggal dunia. Apabila meninggal dunia sebelum usia usia pensiun dipercepat, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, seluruh Saldo Dana dapat dibayarkan secara sekaligus kepada ahli waris. Apabila meninggal dunia setelah usia pensiun dipercepat, maka tata cara pembayaran Saldo Dana mengikuti Ketentuan 20%/80%.

  • Manfaat apa yang diperoleh dari DPLK AIA dalam hal terjadi cacat?

Cacat adalah cacat total dan tetap yang menyebabkan seseorang tidak mampu lagi melakukan pekerjaan yang dilakukan sebelumnya yang memberikan penghasilan yang layak diperoleh sesuai dengan pendidikan, keahlian, ketrampilan dan pengalamannya. Keadaan catat harus dibuktikan secara medis dan harus disampaikan kepada HKBP untuk memperoleh persetujuan sebelum diteruskan kepada DPLK AIA.

Manfaat pensiun cacat adalah sebesar Saldo Dana pada saat mengalami kecacatan. Tata cara pembayaran Saldo Dana mengikuti Ketentuan 20%/80%.

  • Manfaat apa yang diperoleh dari DPLK AIA dalam hal saya mengundurkan diri dari HKBP?

Apabila Anda mengundurkan diri dari HKBP, Anda tidak lagi menjadi peserta program pensiun HKBP dan kepesertaan Anda di DPLK AIA berubah menjadi peserta mandiri.

Apabila Anda mengundurkan diri sebelum usia penisun dipercepat, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, pembayaran Saldo Dana Anda harus ditunda sampai Anda sekurang-kurangnya mencapai usia pensiun dipercepat.

Namun, ketika Anda mengundurkan diri sebelum usia pensiun dipercepat dan apabila Saldo Dana Anda pada saat mengundurkan diri kurang atau sama dengan jumlah yang ditetapkan dari waktu ke waktu oleh OJK, saat ini sebesar Rp100,000,000, maka penundaan tidak perlu dilakukan, Anda dapat menerima seluruh Saldo Dana Anda secara sekaligus pada saat Anda mengundurkan diri.

Anda dapat memilih untuk tetap menjadi peserta mandiri di DPLK AIA, baik dengan terus menabung dengan membayar iuran sendiri (HKBP tidak lagi membayar iuran atas nama Anda) ataupun tidak ada iuran lagi, atau Anda berhak untuk mengalihkan Saldo Dana Anda ke DPLK yang diikuti oleh tempat pelayanan Anda yang baru, atau mengalihkannya ke DPLK pilihan Anda sendiri.

  • Selama saya masih aktif melayani di HKBP dan belum mencapai usia pensiun, apakah saya dapat melakukan penarikan dana sebagian dari DPLK AIA?

Pimpinan HKBP menetapkan kebijakan bahwa Anda tidak diperkenankan melakukan penarikan dana sebagian, baik iuran pensiun yang berasal dari HKBP maupun dari Anda sendiri, termasuk iuran sukarela dan Saldo Awal.

Masa transisi

  • Apabila saya pensiun dalam beberapa bulan pertama tahun 2022, sebelum Saldo Awal saya dialihkan ke DPLK AIA, bagaimana penyelesaian hak atas manfaat pensiun saya?

Dalam hal demikian, Saldo Awal Anda beserta hasil pengembangannya akan diselesaikan oleh tim likuidasi Dana Pensiun HKBP dan iuran-iuran yang telah dibayarkan ke DPLK AIA sejak Januari 2022 beserta hasil pengembangannya akan diselesaikan oleh DPLK AIA.

Apabila Anda pensiun sebelum laporan keuangan Dana Pensiun HKBP selesai diaudit dan Anda tidak sabar menunggu, maka penyelesaian hak atas manfaat pensiun Anda dilakukan dalam 2 tahapan, sebagai berikut:

  1. pembayaran pertama sebesar hak atas manfaat pensiun Anda pada tanggal 31 Desember 2021, tidak termasuk kelebihan solvabilitas, yang dihitung berdasarkan nilai sekarang dari rumus manfaat pensiun pada tanggal tersebut, ditambah iuran-iuran yang telah dibayarkan ke DPLK AIA sejak Januari 2022 beserta hasil pengembangannya;
  • pembayaran kedua dilakukan setelah laporan keuangan Dana Pensiun HKBP selesai diaudit, sebesar kelebihan solvabilitas (bila ada) beserta hasil pengembangannya.

Anda disarankan untuk sabar menunggu.

Informasi umum lainnya

  • Apakah Saldo Dana saya di DPLK AIA akan dikenakan pajak pada saat pembayaran?

Pada saat pembayaran dilakukan, Saldo Dana Anda akan dikenakan pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

  • Apakah saya dapat mengalihkan Saldo Dana saya di DPLK AIA kepada pihak lain?

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, Saldo Dana Anda di DPLK AIA tidak dapat dialihkan kepada pihak lain manapun.

  • Apakah saya dapat menggunakan Saldo Dana saya di DPLK AIA sebagai jaminan atas suatu pinjaman?

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, Saldo Dana Anda di DPLK AIA tidak dapat digunakan sebagai jaminan atas suatu pinjaman apapun.

  • Apakah saya dapat mengundurkan diri dari kepesertaan DPLK AIA selama saya masih melayani di HKBP?

Selama Anda masih memenuhi syarat sebagai peserta DPLK AIA, artinya Anda masih melayani di HKBP, Anda tidak dapat mengundurkan diri dari kepesertaan DPLK AIA.

  • Apakah Saldo Dana saya dapat dibayarkan dalam mata uang asing?

Saldo Dana Anda dibayarkan oleh DPLK AIA hanya dalam mata uang rupiah.

  • Apakah saya dapat menerima informasi mengenai Saldo Dana saya?

Anda berhak menerima informasi mengenai Saldo Dana Anda di DPLK AIA. Informasi lebih lanjut mengenai hal ini dapat diperoleh dari situs dan mobile apps DPLK AIA atau Anda dapat menghubungi Biro Urusan Dana Pensiun HKBP atau DPLK AIA.

  • Bagaimana jika saya ingin mengajukan keluhan tentang Saldo Dana saya di DPLK AIA?

Anda dapat menghubungi Biro Urusan Dana Pensiun HKBP atau langsung menghubungi layanan nasabah DPLK AIA.

Pembayaran secara sekaligus

  • Dalam keadaan apa saja Saldo Dana saya dapat dibayarkan secara sekaligus?

Walaupun pada prinsipnya Saldo Dana harus dibayarkan secara berkala, namun sesuai ketetapan OJK dari waktu ke waktu, dalam keadaan tertentu Saldo Dana dapat dibayarkan secara sekaligus. Sesuai ketentuan OJK yang berlaku saat ini, Saldo Dana dapat dibayarkan secara sekaligus apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. jumlah Saldo Dana (setelah pengambilan pertama 20% sekaligus) kurang atau sama dengan Rp500,000,000;
  2. meninggal dunia sebelum mencapai usia pensiun dipercepat;
  3. berhenti melayani sebelum mencapai usia pensiun dipercepat dan jumlah Saldo Dana kurang atau sama dengan Rp100,000,000;
  4. dalam kondisi sakit parah;
  5. mengalami kesulitan keuangan;
  6. WNI yang berpindah warga negara;
  7. WNA yang telah berakhir masa kerjanya dan tidak bekerja lagi di Indonesia;
  8. tanpa memperhatikan berapa pun jumlah Saldo Dana, seluruhnya dapat dibayarkan secara sekaligus apabila peserta DPLK juga merupakan peserta jaminan pensiun BPJS.

Pembayaran secara berkala

  • Apa yang dimaksud dengan anuitas seumur hidup?

Anuitas seumur hidup adalah produk asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara berkala kepada peserta dan atau janda/duda dan atau anak, untuk jangka waktu tertentu atau seumur hidup.

Jenis anuitas harus menyediakan manfaat pensiun bagi janda/duda atau anak, minimal 60% dan maksimal 100% dari manfaat pensiun peserta.

Manfaat pensiun janda/duda harus dibayarkan seumur hidup, kecuali janda/duda kawin lagi atau meninggal dunia, maka manfaat pensiun dibayarkan kepada anak sampai usia 21 tahun atau 25 tahun (umumnya apabila masih sekolah dan belum berpenghasilan).

Peserta, janda/duda atau anak berhak memilih perusahaan asuransi jiwa dan menentukan jenis anuitas.

  • Bagaimana saya dapat mengetahui besaran anuitas yang akan saya terima dari perusahaan asuransi jiwa?

Besaran anuitas yang akan Anda terima tentu diperoleh dari perusahaan asuransi jiwa yang Anda pilih dan pada saat pembayaran dilakukan. Sebelum itu, besaran anuitas tidak dapat diketahui secara pasti karena bergantung pada tarif yang berlaku pada saat anuitas itu dibeli.

Selain itu, tarif anuitas juga dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besaran anuitas yang dikenakan oleh perusahaan asuransi jiwa, antara lain tingkat bunga yang dijamin, biaya yang dikenakan, tingkat harapan hidup, jenis anuitas untuk diri sendiri atau dengan pasangan, jenis anuitas meningkat atau tetap, usia saat membeli anuitas, jenis kelamin, dan lain-lain.

  • Apa yang dimaksud dengan pembayaran berkala yang dilakukan oleh DPLK AIA?

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, Anda dapat memilih pembayaran manfaat pensiun secara berkala dilakukan oleh DPLK AIA atau melalui pembelian anuitas dari perusahaan asuransi jiwa.

Pembayaran manfaat pensiun secara berkala yang dilakukan oleh DPLK AIA tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, sebagai berikut:

  1. DPLK AIA tidak menanggung risiko finansial dan mortalitas, tetapi hanya mengelola dan menatausahakan pembayaran manfaat pensiun secara berkala;
  • periode pembayaran manfaat pensiun secara berkala yang dapat dipilih adalah paling cepat 10 tahun dan paling lama 25 tahun, dengan kelipatan 5 tahun, setelah peserta mencapai usia pensiun;
  • minimal 20% dari Saldo Dana (setelah pengambilan pertama secara sekaligus sebesar 20% jika ada) digunakan sebagai cadangan untuk membeli anuitas seumur hidup pada saat periode pembayaran yang dipilih berakhir;
  • apabila saldo dana cadangan pada saat periode pembayaran yang dipilih berakhir kurang atau sama dengan ketentuan OJK, saat ini sebesar Rp500,000,000, seluruh saldo dana cadangan dimaksud dapat dibayarkan secara sekaligus;
  • dalam hal meninggal sebelum periode pembayaran yang dipilih berakhir, janda/duda dan/atau anak akan meneruskan penerimaan pembayaran sampai periode pembayaran yang telah dipilih berakhir;
  • dalam hal meninggal dunia sebelum periode pembayaran yang dipilih berakhir dan tidak ada janda/duda dan/atau anak, maka saldo dana pembayaran berkala dan saldo dana cadangan dibayarkan secara sekaligus kepada ahli waris;
  • dana pembayaran berkala dan dana cadangan hanya dapat ditempatkan pada deposito berjangka dan surat berharga negara;
  • ada biaya pengelolaan dana yang dikenakan oleh DPLK AIA;
  1. dana yang digunakan untuk pembayaran berkala dan dana cadangan harus dikelola dan diadministrasikan secara terpisah;
  • peserta bertanggung jawab membayar pajak atas manfaat pensiun sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.
  • Berapa jumlah manfaat pensiun berkala yang diterima apabila pembayarannya dilakukan oleh DPLK AIA?

Besar manfaat pensiun berkala bulanan dihitung dengan menggunakan mekanisme sebagai berikut:

  1. pada periode tahun pertama adalah sebesar jumlah dana yang tersedia untuk digunakan sebagai pembayaran berkala, dibagi periode yang dipilih, dan dibagi 12;
  • pada periode tahun kedua dan seterusnya adalah sama dengan saldo dana pembayaran berkala periode sebelumnya, dibagi sisa periode pembayaran berkala, dan dibagi 12;
  • nilai manfaat pensiun berkala sebulan sama untuk masa 12 bulan.

Saldo dana pembayaran berkala pada setiap akhir periode adalah sebesar saldo dana pembayaran berkala pada awal periode, dikurangi pembayaran berkala dan biaya periode berjalan, ditambah hasil pengembangan periode berjalan.

Hasil pengembangan periode berjalan merupakan hasil pengembangan aktual yang diperoleh pada periode dimaksud. 

Pembayaran manfaat pensiun akan dikenakan pajak yang berlaku.

Contoh:

Misalkan, Saldo Dana pada saat seseorang mencapai usia pensiun normal adalah sebesar Rp750,000,000. Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, peserta dapat menerima pembayaran pertama sebesar 20% dari Saldo Dana secara sekaligus. Asumsikan peserta yang bersangkutan memutuskan untuk menerima pembayaran pertama sebesar 20% dari Saldo Dana secara sekaligus, atau sebesar 150,000,000 (20% x Rp750,000,000). Sisa Saldo Dana setelah pengambilan pertama 20% secara sekaligus adalah sebesar Rp600,000,000 (Rp750,000,000 – Rp150,000,000).

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang dana pensiun, minimal 20% dari Saldo Dana setelah pengamblian pertama secara sekaligus, harus disisihkan sebagai dana cadangan untuk pembelian anuitas pada saat periode pembayaran yang dipilih berakhir. Asumsikan dana cadangan yan gdisisihkan adalah sebesar 20%, maka jumlah dana cadangan adalah sebesar Rp120,000,000 (20% x Rp600,000,000).

Dengan demikian, sisa Saldo Dana yang tersedia untuk pembayaran manfaat pensiun secara berkala oleh DPLK AIA, setelah pembayaran pertama 20% secara sekaligus dan setelah penyisihan dana cadangan sebesar 20%, adalah sebesar Rp480,000,000 (Rp750,000,000 – Rp150,000,000 – Rp120,000,000).

Asumsikan periode pembayaran yang dipilih oleh peserta adalah 10 tahun.

Jumlah manfaat pensiun berkala bulanan yang diterima adalah sebagai berikut:

  1. tahun pertama, jumlah bulanan sama dengan Rp480,000,000 dibagi 10 dan dibagi 12, yang nilainya berlaku untuk periode 12 bulan, atau sebesar Rp4,000,000 sebulan;
  • tahun kedua, jumlah bulanan sama dengan saldo awal tahun kedua (setelah dikurangi biaya-biaya), dibagi 9 (10 – 1) dan dibagi 12, yang nilainya berlaku untuk periode 12 bulan, atau dengan kata lain manfaat pensiun berkala sebulan pada tahun kedua sama dengan manfaat pensiun sebulan pada tahun pertama ditambah hasil pengembangan aktual (bersih) tahun pertama;

Asumsikan hasil pengembangan aktual (bersih) tahun pertama adalah 4.0%, maka manfaat pensiun berkala sebulan tahun kedua adalah sebesar Rp4,160,000.

  • tahun ketiga, jumlah bulanan sama dengan saldo awal tahun ketiga (setelah dikurangi biaya-biaya), dibagi 8 (10 – 2) dan dibagi 12, yang nilainya berlaku untuk periode 12 bulan, atau dengan kata lain manfaat pensiun berkala sebulan pada tahun ketiga sama dengan manfaat pensiun sebulan pada tahun kedua ditambah hasil pengembangan aktual (bersih) tahun kedua;

Asumsikan hasil pengembangan aktual (bersih) tahun kedua adalah 3.5%, maka manfaat pensiun berkala sebulan tahun ketiga adalah sebesar Rp4,305,600.

  • dan seterusnya.